KATA
PENGANTAR
Puji syukur yang dalam saya sampaikan ke hadiran
Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat
kemurahan-Nya makalah ini dapat saya selesaikan sesuai
yang diharapkan. Dalam makalah ini saya
membahas tentang pengaruh teknologi bagi remaja.
Makalah ini sengaja saya buat untuk kembali
mengingatkan kepada teman-teman maupun guru yang belum
tahu akan pengaruh teknologi bagi remaja. Dalam proses pendalaman materi ini,
tentunya saya mendapatkan bimbingan,
arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih
yang dalam-dalamnya saya sampaikan kepada
teman-teman yang membantu saya dalam mengerjakan
makalah ini .
Demikian makalah ini saya buat semoga membawa manfaat bagi kita semua .
Demikian makalah ini saya buat semoga membawa manfaat bagi kita semua .
Bogor,
31 Agustus 2015
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada saat ini, banyak anak muda yang menggunakan barang elektronik yang sudah canggih. Salah satunya adalah HandPhone(HP), yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi. HandPhone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk berkomunikasi, tapi tidakkah anda tau bahwa anak muda sering menyalah gunakannya,yaitu untuk melihat hal-hal yang semestinya tidak patut mereka lihat apalagi sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal-hal seperti itu. Sekalipun belum ada pembuktian secara akademis, bahwa maraknya peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah didorong oleh penyalah gunaan tekologi seperti situs porno di HP. Rancangan Undang-Undang agar pelajar tidak diperbolehkan membawa handphone diperbincangkan di mana-mana. Perilaku pelajar dewasa ini semakin menjadi-jadi. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone. Belum lagi, handphone juga digunakan untuk tukar-tukanran jawaban ujian. Sebagaimana perkembangan zaman yang modern , saya melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini bagi pelajar di Indonesia.
Perumusan masalah
Berdasarkan dari judul diatas, maka timbul Perumusan
Masalah sebagai berikut :
· Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi (Dampak
positif dan negatif)
· Dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi
terhadap masyarakat dan solusinya.
BAB
II
PEMBAHASAN
Definisi
Teknologi
adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam
hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan.
Teknologi biasanya memiliki dua aspek yaitu aspek perangkat keras ( terdiri
dari materi atau benda-benda fisik) dan aspek perangkat lunak ( terdiri dari
basis informasi untuk perangkat keras ). Kedua aspek tersebut penting untuk
penggunaan praktis komputer, tetapi karena perangkat keras lebih terlihat oleh
pengamat kasual, maka kita akan berpikir teknologi utama adalah perangkat
keras.
Teknologi komunikasi dalam masyarakat modern seperti Amerika Serikat. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya. Selanjutnya, yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi. Pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit, tetapi menggabungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai wid dari programming untuk sistem televisi kabel. Contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer, dan televise kabel interaktif.
Perubahan pada
komunikasi manusia sebagai hasil teknologi baru
- Sistem komunikasi baru memiliki tingkat
interaktivitas tertentu, seperti percakapan dua orang atau tatap muka.
Interaktivitas adalah kemampuan sistem komunikasi baru untuk berbicara
kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang
berpartisipasi dalam percakapan.
- Media baru juga demassified yaitu
bahwa sebuah pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam
khalayak yang besar. Menyamakan individualisasi seperti media baru untuk
komunikasi tatap muka interpersonal, kecuali bahwa mereka tidak bertatap
muka.
- Teknologi komunikasi baru juga sinkron, yang
berarti mereka memiliki kemampuan untuk mengirim atau menerima pesan pada
waktu yang tepat bagi seorang individu.
Jenis media
baru
1.
Mikrokomputer
·
Unit
yang berdiri sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak
individual dan kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam
jaringan. Unit pusat pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi
instruksi program adalah berupa sebuah chip semikonduktor tunggal.
2. Telekonferensi
- Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh
komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua
atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah
video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer.
3. Teleteks
- Layanan informasi interaktif yang memungkinkan
individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televise
rumah.
4. Videotext
- Layanan informasi interaktif yang memungkinkan
individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk
melihat pada layar tampilan video .
5. Komunikasi
Satelit
- Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon,
siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain.
Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa
sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit
televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada
biaya komunikasi.
Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Masa Lalu
Manusia telah
melakukan komunikasi sejak zaman prasejarah, hanya saja cara dan peralatan yang
digunakan masih sangat sederhana. Perkembangan teknologi komunikasi sejak zaman
dulu permulaan dibagi lima periode, yaitu:
1.
Periode sebelum 3000 SM
Pada periode
ini, manusia berkomunikasi dengan cara yang sangat terbatas. Manusia
menggambarkan informasi yang meeka dapatka dengan melukisnya didinding–dinding
goa. Bahasa yang digunakan manusia untuk berkomunikasi hanya terbatas pada
dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.
2.
Periode 3000 SM
Pada masa ini,
untuk pertama kalinya manusia mulai menggunakan tulisan sebagai alat
komunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa symbol–symbol yang dibentuk
daripiktograf sebagai huruf.
3.
Periode 2900 SM
Pada periode
ini, bangsa Mesir Kuno telah menggunakan huruf hieroglif sebagai
alat untuk berkomunikasi. Huruf-huruf tersebut terdiri atas symbol-simbol
objek, seperti perkakas, binatang, atau kapal-kapalan. Selain bangsa
Mesir,bangsaChina juga masih sudah mulai menggunakan tulisan modernsebagai alat
berkomunikasi.
4. Periode
500 SM
Pada masa kini,
kertas dan serat pohon papyrus mulai digunakan untuk menulis. Kertas tersebut
dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Serat papyrus
lebih kuat dari pada tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media untuk
menyampaikan informasi.
5.
Periode 105 SM
Pada periode
ini, bangsa China menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari
serat bambo yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan diratakan seta dikeringkan.
Pada masa ini juga mulai muncul system pencetakkan dengan menggunakna kayu yang
ditoreh dan dilumuri tinta. Bangsa Hindus diIndia telah membuat system bilangan
sembilan digit yang sampai sekarang kita gunakan.
Pemanfaatan
Perkembangan Teknologi Informasi
Pemanfaatan teknologi informasi pun dimulai pada saat
teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya
dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik,
kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang cenderung tidak efisien.
Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat
hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih
effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat
menggantikan cara konventional, orang mulai melihat kelebihan lainnnya, seperti
menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian
data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana
pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer.
Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi
mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis.
Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan
menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan
ruang.
Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pada berbagai
bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, dan
sosial.
Kemajuan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan
Remaja
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita
hindari dalam kehidupan ini,karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai
dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk
memberikan manfaat positif bagikehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan,
serta sebagai cara baru dalammelakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang
teknologi masyarakat sudahmenikmati banyak manfaat yang dibawa oleh
inovasi-inovasi yang telah dihasilkandalam dekade terakhir ini. Namun demikian,
walaupun pada awalnya diciptakan
untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga
juga memungkinkan digunakanuntuk hal negatif.
Perkembangan teknologi di Era sekarang ini sangat
pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring
dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi
antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya
alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone,
facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus bagi para remaja, karena bisa
menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah menemukan
informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang menyajikan
kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan
tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam waktu yang
sangat cepat.
Twitter dan facebook juga tidak kalah
saingnya dengan internet, karena di twitter dan facebook para siswabisa bergaul
dengan orang lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang diajak berkenalan,
karena itu hanya terjadi didunia maya. Twitter dan facebook sudah menjadi trend
dikalangan remaja, tidak hanya dikalangan siswasaja yang mempunyai facebook dan
twitter, anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter dan facebook. Terlalu
banyaknya peminat atau pengguna facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang
yang membuka warnet, tetapi tidak hanya lewat warnet saja, kitapun dengan mudah
bisa membuka twitter dan facebook di handphone. Dan terlalu banyaknya pengguna
twitter dan facebook, para siswasekarang jarang sekali yang membuka internet,
padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang penting
dan bermakna yang belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di bidang
pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari
disekolah,misalnya tentang rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga
latihan soal-soal.
Karena banyak sekali para siswapengguna jaringan
teknologi informasi ( internet ). Tidak mengakses suatu hal yang sewajarnya,
mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan kecanggihan teknologi dengan
mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi, yang semuanya itu sangat
tidak wajar bagi para pengguna khususnya para siswauntuk memanfaatkan dengan
menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif. Membuka
situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal yang dibutuhkan
dibidang pendidikan. Padahal hal seperti ini bisa membahayakan seorang pelajar,
karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan hubungan seks tanpa ada
ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga menimbulkan penyakit sepertiHIV atau Aids.
Berikut
adalah gejala kecanduan teknologi :
1. Lupa waktu atau mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama.
2. Menarik diri seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses.
3. Kebutuhan akan peralatan komputer yang lebih baik dan aplikasi yang lebih banyak untuk dimiliki memiliki derajat kepuasan yang sama.
4. Sering berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak negatif dari penggunaan Internet yang berkepanjangan.
5. Kurang perhatian, gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah kepercayaan diri, impulsif, tak tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri.
1. Lupa waktu atau mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama.
2. Menarik diri seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses.
3. Kebutuhan akan peralatan komputer yang lebih baik dan aplikasi yang lebih banyak untuk dimiliki memiliki derajat kepuasan yang sama.
4. Sering berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak negatif dari penggunaan Internet yang berkepanjangan.
5. Kurang perhatian, gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah kepercayaan diri, impulsif, tak tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri.
Televisi, juga merupakan produk modernisasi yang memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan dan perubahan nilai-nilai di masyarakat. Khususnya masyarakat Bawean. Banyak orang meniru gaya hidup dari publik figur yang mereka saksikan lewat televisi. Model baju selebritis terbaru, model potongan rambut terbaru, bahkan juga tak jarang meniru tingkah laku para selebritis yang mereka lihat lewat televisi, tanpa peduli apakah gaya hidup selebritis ataupun publik figur yang mereka tiru dan mereka jadikan sebagai role model itu sesuai dengan kondisi dan situasi dimana mereka tinggal atau tidak. Hal ini juga melanda kalangan remaja, dimana memang pada masa ini adalah masa dimana mereka para remaja mencari sesuatu yang dipandang bernilai, pantas dijunjung tinggi dan dipuja, serta menjadikan role modelnya itu sebagai identitasnya. Tak heran jika kita dapati banyak para remaja di Bawean meniru gaya para selebritis idola mereka, dari mulai gaya rambut, gaya berbusana, bahkan gaya pacaran para artis yang mereka saksikan lewat televisi.
asi memiliki beberapa dampak terhadap anak. Dari hal tersebut dapat kita golongkan menjadi 2 golongan, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak Positif
1.
Anak-anak dapat menggunakan perangkat lunak pendidikan seperti
program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan
sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu
dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak
semakin suka.
2.
Membuat anak semakin tertarik untuk belajar.
3.
Dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang memiliki anak yang merasa
mudah bosan untuk belajar.
4.
Dapat menambah wawasan.
5.
Memudahkan anak-anak untuk mendapatkan banyak ilmu tambahan lewat
internet.
Dampak Negatif
1.
Anak-anak bisa ketergantungan terhadap Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
2.
Anak-anak akan cenderung mengerjakan tugas
sendiri dengan bantuan internet dari pada belajar berkelompok yang disitu
banyak sekali hikmah-hikmah yang terkandung dalam nilai kebersamaan.
3.
Dapat terpengaruh kedalam pergaulan yang tidak
baik karena kurang control dari teman ataupun dari orang tua.
4.
Anak-anak bisa saja secara tidak sengaja
mengakses situs-situs pornografi.
5.
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung
lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to
face).
6.
Kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua,
anak ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan
agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan
dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis
pada diri anak.
Peran penting
Orang Tua
Menimbang
untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat
tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat
bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, saya kembali mengingatkan
peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak.
1.
Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan
berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer
adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan
datang.
2.
Perhatikan bahwa komputer juga punya efek-efek
tertentu, termasuk pada fisik seseorang. Karena perhatikan juga amsalah tata
ruang dan pencahayaan. Cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu
dekat dapat mengganggu indera penglihatan anak.
3.
Pilihlah perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk
anak-anak. Sekalipun yang dipilih merupakan program edutainment ataupun games,
sesuaikan selalu dengan usia dan kemampuan anak.
4.
Perhatikan keamanan anak saat bermain komputer
dari bahaya listrik. Jangan sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesetrum
terkena bagian tertentu dari badan Central Processing Unit (CPU) komputer.
5.
Carikan anak meja atau kursi yang ergonomis (sesuai dengan
bentuk dan ukuran tubuh anak), yang nyaman bagi anak sehingga anak dapat
memakainya dengan mudah. Jangan sampai mousenya terlalu tinggi, atau kepala
harus mendongak yang dapat menyebabkan kelelahan. Alat kerja yang tidak
ergonomis juga tidak baik bagi anatomi anak untuk jangka panjang.
6.
Bermain komputer
bukan satu-satunya kegiatan bagi anak. Jangan sampai anak kehilangan kegiatan
yang bersifat sosial bersama teman-teman karena terlalu asik bermain komputer.
Solusi
Solusi
yang tepat untk menghadapi masalah masalah yang di jelaskan dalam masalah ini
adalah peran orang tua. Karena disini peranan dari kedua orang tua sangatlah
penting. Kedua orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengawasi anak-anaknya
dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga anak-anak dapat
mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan
disini juga terdapat beberapa cara untuk mencegah dampak-dampak negatifnya.
1.
Orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet
pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan
manfaatnya dan tujuan penggunaan internet. Karena itu, orangtua terlebih dahulu
harus ‘melek’ media dan tidak gaptek.
2.
Gunakan software yang dirancang khusus untuk
melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock
yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan
kekerasan.
3.
Letakkan komputer di ruang publik rumah, seperti
perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer
di dalam kamar anak, akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa
leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan
sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga,
keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota
keluarga yang lalu lalang.
4.
Tanamkanlah nilai kebersamaan terhadap sesama,
karena kebersamaan akan mewujudkan hubungan serta emosi yang sangat dekat
Cegah Kecanduan
Kecanduan
bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau
pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi
terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer.
Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain
komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah
selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat
diberikan pada hari libur. Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak
berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi
anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya
sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah
dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
BAB
III
KESIMPULAN
Dapat
disimpulkan bahwa pada zaman dahulu bekomunikasi sangat sulit, berbeda
dengan zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang
sekarang dapat berkomunikasi dengan
cepat dan mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologikomunikasi
semakin berkembang dan terus berkembang. Dengan ada nya perkembangan teknolgi
yang semakin canggih kita dapat mudah terhubung dengan daerah daerah lain
dengan cepat dan mudah. Dan teknologi
itu sama dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang
berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan
segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan disegala
bidang ( dampak positif ) sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalam
kesengsaraan yang disebabkan oleh pengalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri
( dampak negative ) oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak
positif dan dapat pula berdampak negative, tergantung kearah mana kita
menjalankannya,
Saran
Dalam kesempatan kali ini, kami hanya dapat menyerahkan bahwa pergunakanlah teknologi
dengan sebaiknya, jangan pergunakan untuk berbuat jahat dan merusak moral anak bangsa. Dan jangan kecanduan terhadap perkembangan
teknologi,karena perkembangan teknologi dapat membawwa kita dalam hal yang
positif dan negatif, kita harus mengambilnya dari sisi positif jangan ambil
dari sisi negatif nya, apalagi anak remaja yang sangan rentan dan sangat cepat
terpengaruh dengan teknolgi. Untuk itu peran orang tua sangat penting terhadap
pengaruh negatif, orang tua harus bisa mengigatkan dan menjaga anak nya agar
anaknya tidak terjerumus dalam hal yang negatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar